FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENERAPAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP ANAK RUMAH SAKIT JIH YOGYAKARTA

Yeni Dwi Lestari, Widuri Widuri, Dwi Agustina Sari

Abstract


Latar Belakang: Komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling mempengaruhi satu sama lain, sengaja atau tidak disengaja yang tidak terbatas pada bentuk komunikasi verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi muka, lukisan, seni dan teknologi. Banyak faktor yang mempengaruhi komunikasi terapeutik yang dapat menimbulkan  perbedaan dalam penerapan komunikasi terapeutik ke pasien termasuk pasien anak. Sampai saat ini, masih saja ada orang tua pasien yang menilai cara komunikasi perawat pada saat awal bertemu dengan pasien pendekatan yang dilakukan masih dianggap kurang, hal ini yang menimbulkan adanya komplain dari pasien.

Tujuan: Mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan penerapan komunikasi terapeutik di Ruang Rawat Inap Anak Rumah Sakit JIH Yogyakarta.

Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif korelasi dengan rancangan cross sectional. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah semua perawat diruang rawat inap anak RS JIH Yogyakarta yang berjumlah 38 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisa data menggunakan uji chi square.

Hasil: Hasil penelitian didapatkan mayoritas responden dengan penerapan komunikasi  terapeutik dengan kategori diterapkan (76,3%), usia responden dikategorikan muda (86,8%), jarak rumah responden dikategorikan jauh (71,1%),  sebagian besar responden sudah menikah (68,4%),  kepuasan kerja responden dengan kategori puas dan tidak puas memiliki presentase yang sama (50%), pengetahuan yang tinggi (76,3%), dan perilaku yang baik (71,1%). Hasil uji statistik menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kepuasan kerja (p=0,001), pengetahuan (p=0,010) dan perilaku (p=0,000) dengan penerapan komunikasi terapeutik, sedangkan usia (p=0,835), jarak rumah (p=0,611), dan status pernikahan (p=0,076) tidak mempunyai hubungan  yang signifikan dengan penerapan komunikasi terapeutik.

Kesimpulan: Adanya faktor yang berhubungan dengan penerapan komunikasi terapeutik meliputi kepuasan kerja, pengetahuan, dan perilaku, sedangkan usia, jarak rumah dan status pernikahan tidak mempunyai hubungan yang signifikan.


Keywords


Penerapan Komunikasi Terapeutik; Perawat

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47317/mikki.v10i1.338

Copyright (c) 2021 MIKKI (Majalah Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Indonesia)

View My Stats