PENGARUH MULTIPLE MICRONUTRIENT POWDER TERHADAP PERTUMBUHAN ANAK DENGAN ANEMIA USIA 6-59 BULAN

Prastiwi Putri Basuki

Abstract


Latar belakang: Kesehatan anak tergantung interaksi antara genetika dan
faktor eksogenous seperti kecukupan gizi, kesehatan lingkungan, interaksi sosial dan stimulasi. Hampir dua pertiga kematian anak di dunia secara langsung dan tidak langsung berhubungan  dengan  defisiensi gizi. Kurang energi protein dan defisiensi mikronutrien meningkatkan risiko kematian karena penyakit seperti anemia, gastroenteritis, pneumonia dan campak. Vitamin dan trace mineral dibutuhkan untuk produksi berbagai macam enzim, hormon, dan mediator biokimiawi untuk mengatur proses biologi. Mikronutrien juga dibutuhkan untuk meningkatkan pertumbuhan fisik, kematangan seksual dan perkembangan syaraf.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Multiple
Micronutrient Powder Terhadap Pertumbuhan Anak Dengan Anemia Usia 6-59 Bulan.

Metode: Metode penelitian adalah Randomized Control Trial yang dilakukan pada bulan Maret – Mei 2013 di Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten. Anak dengan anemia usia 6-59 bulan dipilih secara random , dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu kelompok yang diberi Multiple Micronutrient Powder dan kelompok lain diberi plasebo. Keduanya diberi perlakuan selama 12 minggu. Berat Badan dan tinggi badan   diukur sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil dianalisis dengan menggunakan analisis t-test.

Hasil: Anak dengan anemia yang diberi Multiple Micronutrient Powder terjadi
peningkatan rata-rata z-score pada indeks TB/U (p=0.829), BB/U (p=0.906), dan BB/TB (p=0.996) walaupun secara statistik tidak signifikan.


Keywords


Multiple Micronutrient Powder;anak anemia;pertumbuhan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47317/jkm.v9i2.4

Statistik Pengunjung