Gambaran perilaku caring dengan Teori Swanson pada mahasiswa Prodi Keperawatan (D3) di Balai Pelayanan Sosial Tresna Werdha (BPSTW) Yogyakarta
Abstract
Latar Belakang: Perilaku caring merupakan perilaku yang mendasar dan sangat penting dalam keperawatan. Perilaku caring merupakan suatu sikap, rasa peduli, hormat dan menghargai orang lain, artinya memberikan perhatian yang lebih kepada seseorang dan bagaimana seseorang itu bertindak. Mahasiswa dituntut untuk memiliki perilaku caring dalam berhubungan dengan pasien dan melaksanakan asuhan keperawatan
Tujuan Penelitian:Untuk mengetahui gambaran perilaku caring dengan teori Swanson pada mahasiswa prodi Keperawatan (D3) semester V saat melakukan praktik klinik keperawatan Gerontik di BPSTW Yogyakarta
Manfaat Penelitian: Menambah informasi dan pengetahuan sehingga masyarakat mendapatkan kepuasan dalam menerima pelayanan yang diberikan oleh perawat
Metodologi Penelitian: Desain dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester V prodi Keperawatan (D3) yang sedang praktik klinik Keperawatan Gerontik di BPSTW Yogyakarta. Sampel penelitian yang digunakan meliputi seluruh populasi yang ada.
Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gambaran penerapan perilaku caring dengan 5 komponen teori Swanson yang telah di terapkan Prodi Keperawatan (D3) semester V bernilai paling baik pada komponen mempertahankan keyakinan (maintaining belief). Uji normalitas bernilai 0,144 (p>0,05) dalam kategori normal.
Kesimpulan: Mahasiswa tentu perlu mempertahankan perilaku caring mereka. Mahasiswa unggul dalam komponen mempertahankan keyakinan (maintaining belief) yaitu dengan menunjukkan perhatian kepada pasien (menanyakan keadaan/keluhan yang dirasakan saat menemui pasien). Institusi pendidikan tentu harus tetap mengembangkan pelaksanaan perilaku caring pada mahasiswa. Rumah sakit atau fasilitas kesehatan sebagai lahan praktek dituntut untuk memberikan contoh perilaku caring yang baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Nursalam, F.E. (2009). Pendidikan Dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika
Dwidiyanti M. (2005). Caring kunci sukses perawatan mengamalkan ilmu. Semarang: Hasani
A. Potter, P., & Perry, A. G. (2011). Buku Ajar Fundamental Keperawatan :Konsep, Proses dan Praktik. Jakarta: ECG.
Teting, D. (2018). Teori Caring & Aplikasi dalam Pelayanan Keperawatan. (Erang, Ed.). Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Watson, J. 2007. Theory of Human Caring. Danish Clinical Nursing Journal. Online: www.uchsc.edu/nursing/caring.
Asriyanto, L.F. (2014). Karakteristik Perawat yang Mempengaruhi Perilaku Caring di RS PKU Muhammadiyah Temanggung. Jurnal Ilmu Kesehatan
Wahyudi, dkk (2017). Faktor Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Caring Perawat Di Ruang Perawatan Interna. Journal Of Islamic Nursing
Khairina, dkk (2019). Persepsi Perawat mengenai caring pada pengelolaan Pasca Pemasangan infus
Astari, A.D. (2015). Sosialisasi profesi dan sikap caring pada mahasiswa di Fakultas Ilmu Keperawatan, I/(1), 66-74
Alligood, M. R. (2014). Nursing Theorists and Their Work. USA: Elseiver
Ariani & Aini. (2018). Perilaku Caring Perawat terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap pada Pelayanan keperawatan. Jurnal Keperawatan, 9, 58-64
DOI: https://doi.org/10.47317/mikki.v11i2.491
Copyright (c) 2022 Mikki: Majalah Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Indonesia
View My Stats