Pengetahuan dan pelatihan perawat mempengaruhi kualitas pendokumentasian asuhan keperawatan

Siti Kholifah, Patria Asda

Abstract


Latar Belakang: Dokumentasi asuhan keperawatan yang benar sebagai bukti secara profesional dan legal tentang pekerjaan perawat yang dapat dipertanggungjawabkan. Aktivitas yang dilakukan perawat terhadap pasien harus terdokumentasikan dengan baik. Evaluasi penerapan standar asuhan keperawatan periode bulan Januari 2017 s.d Juni 2017 didapatkan hasil rata–rata 62,21%.

Tujuan: Menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan pengetahuan dan pelatihan terhadap kualitas pendokumentasian asuhan keperawatan di Rumah Sakit Condong Catur.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif analitik regresi dengan pendekatan cross sectional. Populasi seluruh perawat yang bekerja di Rumah Sakit Condong Catur sebanyak 56 perawat, dengan teknik purposive sampling sebanyak 20 perawat. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi, analisis bivariat menggunakan uji t dan analisis multivariat menggunakan uji F dengan regresi linier berganda.

Hasil: Hasil uji t nilai signifikansi pengetahuan 0,003<0,05 Ha diterima Ho ditolak, pelatihan 0,242>0,05 Ho diterima Ha ditolak, uji F pengetahuan dan pelatihan 0,002<0,05 Ha diterima Ho ditolak.

Kesimpulan: Ada pengaruh secara parsial pengetahuan terhadap kualitas pendokumentasian asuhan keperawatan di Rumah Sakit Condong Catur, tidak ada pengaruh secara parsial pelatihan terhadap kualitas pendokumentasian asuhan keperawatan di Rumah Sakit Condong Catur, ada pengaruh secara simultan pengetahuan dan pelatihan terhadap kualitas pendokumentasian asuhan keperawatan di Rumah Sakit Condong Catur.


Keywords


Pengetahuan; Pelatihan; Pendokumentasian

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47317/mikki.v11i1.451

Copyright (c) 2022 MIKKI (Majalah Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Indonesia)

View My Stats