Identifikasi prioritas masalah kesehatan dengan metode Delbecq di Dusun Morobangun Jogotirto Berbah Sleman

Novita Sekarwati

Abstract


Latar belakang : Masalah-masalah Kesehatan merupakan bagian dari identifikasi siklus pemecahan masalah yang merupakan proses terus menerus dalam bertujuan meningkatkan pembangunan dibidang kesehatan serta perbaikan pelayanan kesehatan dengan melibatkan masyarakat.

Tujuan    : untuk mengetahui prioritas masalah kesehatan di dusun Morobangun Jogotirto berbah sleman.

Metode   : Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan observasional menggunakan metode delbecq . Dengan jumlah sampel 180 kepala keluarga.

Hasil : Identifikasi Masalah Kesehatan mencakup indicator masalah kesehatan yang ditemukan di wilayah dusun morobangun jogotirto berbah sleman.  Inditifikasi mencakup aspek Pelayanan Kesehatan, Rumah sehat, sarana air bersih, Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Kesehatan ibu dan anak (KIA). Prioritas masalah yang utama dalah jumalah rumah sehat yang belum memenuhi persyaratan Permenkes. 829/menkes/SK/VII/1999 sebanyak 79,6 % dengan kategori kurang sehat. Prosentase 3,3 % rumah belum memiliki jendela, dan berprilaku BABS 9,4 %.

Saran : perlunya pemberdayaan masyarakat dalam mewujudkan rumahsehat dengan melibatkan pemangku kebijakan dan pihak lainnya. Serta upaya peningkatan pengetahuan dalam berprilaku tidak BABS dengan adanya pemicuan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat).


Keywords


Identifikasi Masalah Kesehatan , Metode USG

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47317/mikki.v10i1.339

Copyright (c) 2021 MIKKI (Majalah Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Indonesia)

View My Stats