HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG TUMBUH KEMBANG ANAK DENGAN KEPATUHAN MENIMBANG BALITA DI DESA HARGOSARI KECAMATAN TANJUNGSARI GUNUNGKIDUL

Kabul Hadiwiyanto, Yuli Ernawati, Patria Asda

Abstract


Latar Belakang: Pertumbuhan dan perkembangan Balita merupakan bagian indikator penting status kesehatan anak, diperlukan adanya pemantauan teratur di posyandu. Partisipasi, pengatahuan ibu, merupakan salah satu komponen yang diperlukan dalam keberhasilan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan balita. Posyandu Mawar Dusun Gaduhan Desa Hargosari Kecamatan Tanjungsari adalah salah satu posyandu yang mempunyai capaian kunjungan balita 71, 42% (dibawah target 85%).

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang tumbuh kembang anak dengan kepatuhan menimbang balita di Desa Hargosari Kecamatan Tanjungsari Gunungkidul.

Metode: Jenis penelitian adalah deskriptif denganrancangan crossectional dengan sampel ibu balita sebanyak 83 responden. Alat penelitian menggunakan kuesioner serta lembar observasi dan analisis data dengan menggunakan spearman-rank.

Hasil: Tingkat pengetahuan ibu tentang tumbuh kembang anak sebagain besar dalam pengetahuan cukup (63,1%). Sebagian besar responden dalam menimbang balita ke posyandu dalam kategori tidak  patuh (72,3%). Responden dengan pengatuan baik semuanya patuh, sementara responden yang tidak patuh mempunyai pengetahuan yang cukup dan kurang. Analisis bivariate didapatkan p-value = 0,000 dengan nilai r = 0.915 (korelasi sangat kuat).

Kesimpulan : Terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan ibu tentang tumbuh kembang anak dengan kepatuhan menimbang ibu balita ke posyandu.

Kata kunci: Pengetahuan, Kepatuhan, Menimbang, Balita


Keywords


Pengetahuan; Kepatuhan; Menimbang; Balita

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47317/mikki.v9i2.301

Copyright (c) 2020 MIKKI (Majalah Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Indonesia)

View My Stats