Petunjuk Penulisan Artikel

Jurnal Kesehatan Masyarakat memuat artikel di bidang kesehatan masyarakat yang meliputi, Epidemiologi dan Penyakit Tropik, Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja, Administrasi Kebijakan Kesehatan, Gizi dan Kesehatan, Promosi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi, dll. Artikel dapat berupa hasil penelitian, telaah pustaka dan tinjauan hasil-hasil penelitian.
SYARAT PENULISAN:

  1. Artikel yang dikirim kepada redaksi belum pernah dipublikasikan di Jurnal lain dalam bentuk cetakan
  2. Artikel diketik pada ukuran kertas A4 dengan spasi 1,5 memakai huruf Time New Roman ukuran 12 kecuali pada abstrak ukuran 11.
  3. Judul harus singkat, padat dan jelas, mencerminkan topik dan artikel, maksimal 15 kata, dengan satu spasi.
  4. Naskah harus disertai kata kunci (key-words). Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Abstrak tidak melebihi 200 kata. Panjang naskah maksimal 15 halaman.
  5. Nama penulis tidak disertai gelar, dengan identitas yang lengkap, (asal institusi, alamat institusi, email yang dapat dihubungi).
  6. Tabel/Ilustrasi/ gambar/ foto/ skema harus disertai judul atau keterangan sumber yang jelas, disajikan terpisah dari tulisan. Foto dipilih dengan tekstur dan kontras yang jelas (paling rendah 800 dpi)
  7. Rujukan ditulis sesuai Harvard Style. Sitasi dalam artikel dengan nama penulis dan tahun publikasi.
  8. Rujukan atau daftar pustaka minimal 70% bersumber dari jurnal kesehatan dan minimal 10% merujuk kepada naskah yang sudah ada di Jurnal Kesehatan STIKES Wira Husada.
  9. Saat memasukkan naskah harus disertai Etical Clirens dari Komisi Etik Penelitian Kesehatan tempat penelitian atau Intitusi yang di tuju.


SISTEMATIKA PENULISAN:

  1. Artikel hasil penelitian : judul, identitas penulis, abstrak, pendahuluan (latar belakang, pembatasan masalah, teori atau hasil penelitian terdahulu dan tujuan penelitian),  metode ( lokasi dan waktu penelitian, desain penelitian, prosedur pengumpulan data, dan analisis data), hasil (termasuk gambar, tabel, grafik, dll), pembahasan (hasil penelitian yang didapatkan dibandingkan dengan hasil penelitian lain dan teori), kasimpulan, saran, dan daftar pustaka.
  2. Artikel telaah pustaka dan tinjauan hasil-hasil penelitian : judul, identitas penulis, abstrak, pendahuluan, metode, pembahasan (sub judul-sub judul sesuai keperluan), kesimpulan, daftar pustaka.

LAIN-LAIN Naskah dikirim dalam bentuk soft copy ke alamat email: jurnalkesehatanmasyarakat@gmail.com dan mengisi permohonan muat artikel. Naskah akan direview oleh penyunting dan mitra bestari sesuai bidang kepakarannya. Dewan redaksi berhak memperbaiki/mengedit sesuai saran reviewer (di luar substansi). Jika ada naskah yang kurang dari hasil review, akan segera dikirimkan pemberitahuan kepada penulis.