Pengaruh Senam Prolanis Terhadap Kadar Gula Darah Lansia Di Kelurahan Latoma Kecamatan Unaaha Kabupaten Konawe

Harmilan Harmilan, Timbul Supodo

Abstract


Di Indonesia penyakit diabetes mellitus setiap tahunnya terus menunjukkan peningkatan kasus cukup signifikan. Maka dari itu pemerintah membentuk Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis). Salah satu kegiatan dalam program ini adalah Senam Prolanis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh Senam Prolanis terhadap kadar gula darah lansia di Kelurahan Latoma Kecamatan Unaaha Kabupaten Konawe. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan desain pre – post one group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh lansia yang ada di Kelurahan Latoma yaitu sebanyak 70 orang. Besar sampel sebanyak 16 responden, yang diambil menggunakan tehnik simple random sampling.Data dianalisis menggunakan uji independent sample t-test.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Senam Prolanis terhadap kadar gula darah lansia di Kelurahan Latoma Kecamatan Unaaha Kabupaten Konawe, dimana diperoleh nilai p-value=0,000<0,05. Oleh karena itu diharapkan hasil penelitian dapat menjadi tambahan informasi bagi Puskesmas maupun instansi terkait agar terus menggalakkan program ini

Keywords


Senam Prolanis; Kadar Gula Darah

Full Text:

PDF

References


World Health Organization. Diabetes Fakta Dan Angka. Diabetes Di Dunia. 2016.

Kemenkes Ri. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2017. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2018.

Riset Kesehatan Dasar. Riskesdas 2018. Jakarta: Badan Litbang Kesehatan. 2018.

Dinkes Sultra. Profil Kesehatan Selawesi Tenggara Sulawesi Tenggara: Dinkes Sultra. 2018.

Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe. Profil Kesehatan Kabupaten Konawe Selatan Tahun 2018. Kabupaten Konawe Selatan; 2018.

Bpjs. Peraturan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Nomor 2 Tahun 2015 Bpjs Kesehatan. 2015.

Syuadzah R. Hubungan Antara Tingkat Kepatuhan Mengikuti Kegiatan Prolanis Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 Dengan Kadar Hba1c. 2015.

Lathifah Nl. Hubungan Durasi Penyakit Dan Kadar Gula Darah Dengan Keluhan Subyektif Penderita Diabetes Melitus. Jurnal Berkala Epidemiologi. 2017;5(2):231-9.

Wijayanto A, Burhan E, Nawas A. Rochsismandoko, 2015. Faktor Terjadinya Tuberkulosis Paru Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2. Journal Respiratori Indonesia,[E-Journal].25(1):1-11.

Sari Tp. Hubungan Pengetahuan Dan Kepatuhan Terhadap Kadar Bsn (Blood Sugar Nuchter) Peserta Prolanis Dm Di Puskesmas 7 Ulu Palembang: Universitas Muhammadiyah Palembang; 2019.

Sugiarto S, Wujoso H. Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Keluarga Dengan Terkendalinya Kadar Gula Darah Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 (Studi Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kediri). Jurnal Sistem Kesehatan. 2016;2(1).

Hariyanto F. Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Kadar Gula Darah Puasa Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Cilegon Tahun 2013. 2013.

Rondonuwu Rg, Rompas S, Bataha Y. Hubungan Antara Perilaku Olahraga Dengan Kadar Gula Darahpenderita Diabetes Mellitus Di Wilayah Kerja Puskesmaswolaang Kecamatan Langowan Timur. Jurnal Keperawatan. 2016;4(1).

Berk M, Williams Lj, Jacka Fn, O’neil A, Pasco Ja, Moylan S, Et Al. So Depression Is An Inflammatory Disease, But Where Does The Inflammation Come From? Bmc Medicine. 2013;11(1):200.

Firdaus Uh, Arman A, Basri M. Efektifitas Senam Prolanis Terhadap Penurunan Kadar Glukosa Darah Dan Tekanan Darah Di Wilayah Kerja Puskesmas Teppo Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang. Jurnal Mitrasehat. 2019;9(1):312-25.

Mulfianda R. Pengaruh Senam Prolanis Terhadap Tekanan Darah Dan Kadar Gula Darah Sewaktu Pada Lansia Di Puskesmas Wilayah Kota Banda Aceh. Etd Unsyiah. 2019.

Nastiti Ph, Hanif A, Editors. Hubungan Senam Prolanis Terhadap Kadar Gula Puasa Dan Kgd2pp Pada Pasien Dm Tipe 2. Proceeding; 2018.

Umami Ak. Perbedaan Kadar Gula Darah Sebelum Dan Sesudah Senam Diabetes Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 Di Persadia Rumah Sakit Sari Asih Ciputat Tahun 2013. 2013.




Statistik Pengunjung