Efektivitas Program Pengendalian Terintregasi Terhadap Penurunan Kejadian Kecacingan Pada Anak Usia Sekolah Di Puskesmas Berbah Kabupaten Sleman

Subagiyono Subagiyono, Eva Runi Khristiani

Abstract


Salah satu ciri bangsa yang maju adalah bangsa yang mempunyai derajat kesehatan yang tinggi dengan mutu kehidupan yang berkualitas. Di Indonesia masih banyak penyakit yang merupakan masalah kesehatan, salah satu diantaranya ialah cacing perut yang ditularkan melalui tanah. Cacingan ini dapat mengakibatkan menurunnya kondisi kesehatan, gizi, kecerdasan dan produktifitas penderitanya sehingga secara ekonomi banyak menyebabkan kerugian, karena menyebabkan kehilangan karbohidrat dan protein serta kehilangan darah, sehingga menurunkan kualitas sumber daya manusia. Prevalensi Cacingan di Indonesia pada umumnya masih sangat tinggi, terutama pada golongan penduduk yang kurang mampu mempunyai risiko tinggi terjangkit penyakit ini. Angka penyakit yang disebabkan oleh cacing di Kota yogyakarta mencapai 165 kasus sampai dengan bulan November 2016. Hal ini menunjukkan penurunan dibandingkan dengan prevalensi kejadian pada tahun 2015 yang mencapai 182 kasus kecacingan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pengendalian terintregasi terhadap penurunan prevalensi penyakit kecacingan pada anak usia sekolah di Puskesmas Berbah Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen dengan pendekatan Kualitatif.  Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Deskriptif dengan design penelitian observasional yaitu digunakan untuk menggambarkan pola program pengendalian penyakit dan untuk mengukur prevalensi kejadian pada satu populasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Program pengendalian terintregasi penyakit kecacingan pada anak usia sekolah  di Wilayah Kerja Puskesmas Berbah Kabupaten Sleman sangat efektif. Terjadi penurunan prevalensi kejadian penyakit kecacingan secara signifikan pada anak usia sekolah di Wilayah Kerja Puskesmas Berbah Kabupaten Sleman. Kesimpulan program pengendalian terintegrasi penyakit kecacingan sangat efektif dalam menurunkan prevalensi kejadian penyakit kecacingan.


Keywords


Pengendalian Terintregasi, Prevalensi Penyakit Kecacingan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, (2013) Laporan Hasil RISKESDA,. Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Dapodikdasmen, 2018, Daftar Sekolah Dasar Kecamatan Berbah Kab. Sleman

Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, 2018, Profil Kesehatan Kabupaten Sleman, Yogyakarta

Kemenkes RI. (2015). Pedoman Umum Program Nasional Pemberantasan Cacing di Era Desentralisasi. Jakarta.

Keputusan Menteri Kesehatan Nomor : 424/MENKES/SK/VI/2006 tentang Pengendalian Penyakit Cacingan, Kemenkes RI Jakarta.

Kandun, 2009. Manual Pemberantasan Penyakit Menular. Edisi 17. Jakarta: Info Medika.

WHO, 2012. Sil Transmitted Helminths. http://www.who.int/intestinal_worms/en




Statistik Pengunjung