PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP UPAYA PENCEGAHAN PENYULIT DIABETES MELITUS DI PUSKESMAS PEMATANG KANDIS BANGKO DAN SIKAP TERHADAP UPAYA PENCEGAHAN PENYULIT DIABETES MELITUS DI PUSKESMAS PEMATANG KANDIS BANGKO

Tri Lestari

Abstract


Latar Belakang : Diabetes Melitus (DM) atau disingkat diabetes adalah gangguan  kesehatan  yang berupa  syndrom  yang  disebabkan  oleh  peningkatan kadar gula (glukosa) darah akibat kekurangan ataupun resistensi insulin. Di Puskesmas Pematang Kandis di dapatkan jumlah penderita diabetes melitus sebanyak 38 penderita.

Tujuan Penelitian : diketahuinya faktor- faktor pada penderita diabetes melitus yang berhubungan terhadap terjadinya penyulit DM pada penderita DM di Wilayah Kerja Puskesmas Pematang Kandis Bangko.

Metode Penelitian: Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Wilayah Kerja  Puskesmas  Pematang  Kandis  Bangko.  Populasi  dalam penelitian ini berjumlah 38 penderita DM dan semua populasi ditetapkan sebagai sampling (total sampling). Data dikumpulkan melalui wawancara dengan menggunakan kuisoner. Data dianalisis secara Bivariat dengan menggunakan uji chi-square pada tingkat kepercayaan 95% (p< 0,05).

Hasil Penelitian: Menunjukkan ada hubungan antara pengetahuan (x2  = 6,8) dan sikap (x2  = 5,8)   dengan pencegahan penyulit DM

Keywords


pengetahuan; sikap; pencegahan penyulit DM

Full Text:

PDF

References


Ambarwati, R. (2009). Hubungan Antara Pengetahuan tentang Penyakit dengan Motivasi dalam Mencegah Terjadinya Komplikasi pada Penderita Diabetes Melitus di Puskesmas Kartasura.

Fatmawati, A. (2010). Faktor Resiko Kejadian Diabetes Melitus Tipe 2 Pasien Rawat Jalan.

Kementerian Kesehatan RI. (2013). Risert Kesehatan Dasar. Jakarta : Menkes.

Maghfiroh, dkk. Hubungan Tingkat Pendidikan dan Pengetahuan dengan Perilaku Pencegahan Komplikasi pada Lansia Diabetes Melitus (DM) di Kelurahan Tandang Wilayah Kerja Puskesmas Kedungundu Kota Semarang.

Notoatmodjo, S. (2010). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Oxyandi, M. (2014). Analisis Determinan Perilaku Pasien Dalam Pencegahan Komplikasi Penyakit Diabetes Melitus.

Pujiastuti, E. (2016). Hubungan Pengetahuan dan Motivasi dengan Kepatuhan Diet pada Pasien Diabetes Melitus Tipe II di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Dr. Soehadi Prijonegoro Sragen.

Saifunurmazah, D. (2013). Kepatuhan Penderita Diabetes Mellitus dalam Menjalani Terapi Olahraga dan Diet.




Statistik Pengunjung