TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PERSONAL HYGIENE PADA SISWI KELAS XII DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA

Yulia Adhisty, Fauzul Husna, Nurul Ariningtyas

Abstract


Latar Belakang : Tinggal didaerah tropis seperti di Indonesia membuat keadaan tubuh menjadi lebih lembab dan berkeringat sehingga bakteri mudah berkembang dan menimbulkan bau tidak sedap terutama pada bagian lipatan tubuh, seperti ketiak dan lipatan organ genetalia pada wanita. Kebersihan tubuh harus tetap dijaga dengan memperhatikan kebersihan perseorangan atau personal hygiene. Berdasarkan hasil studi pendahuluan pada 10 siswi putri kelas XII di SMA IT Abu Bakar  Yogyakarta. Hasil wawancara menunujukkan bahwa 4 siswi telah mengetahui dan memahami personal hygiene, selain itu 3 siswi hanya mengetahui tentang pengertian dan tujuan dari personal hygiene, sedangkan 3 siswi lainnya sama sekali tidak mengetahui mengenai personal hygiene.

Tujuan: Mengetahui tingkat pengetahuan tentang personal hygiene pada siswi kelas XII di SMA IT Abu Bakar  Yogyakarta.

Metode: Jenis penelitian ini menggunakan metode observasional. Penelitian ini dilakukan pada semua siswi kelas XII di SMA IT Abu Bakar  Yogyakarta pada tanggal 22-29 April 2019.

Hasil Penelitian: Tingkat pengetahuan tentang personal hygiene pada siswi kelas XII di SMA IT Abu Bakar  Yogyakarta dari yang banyak menjawab kurang yaitu faktor yang mempengaruhi dikarenakan kurang pahamnya siswi dalam praktik sosial, citra tubuh, budaya, dan kondisi fisik. Dan yang paling banyak menjawab baik adalah pengertian, macam-macam, langkah-langkah, dampak personal hygiene telah memahami dan menerapkan sendiri kebersihan dirinya sendiri.

Kesimpulan: Tingkat pengetahuan tentang personal hygiene pada siswi kelas  XII di SMA IT Abu Bakar  Yogyakarta termasuk dalam kategori cukup.


Keywords


Tingkat Pengetahuan;Personal Hygiene

Full Text:

PDF

References


Laily dan Sulistyo, 2012. Personal Hygiene Konsep Dasar, dan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan. Yogyakarta : Graha Ilmu

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas), 2013. Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan. Depkes Ri, Jakarta

Prawirohardjo,S., 2016. Ilmu Kebidanan. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Proverawati A., & Misaroh S, 2010. Menstruasi Pertama Penuh Makna. Yogyakarta: Nuha Medika

Sarwono S, 2010. Psikologi Remaja. Jakarta : Raja Grapindo Persada

Sarwono S, 2011. Psikologi Remaja Edisi Revisi. Jakarta : Raja Grapindo Persada

Tarwoto, 2010. Kebutuhan Dasar Manusia dan Proses Keperawatan Edisi Keempat, Jakarta : Salemba Medika.

Soetjiningsih, 2011. Tumbuh Kembang Remaja Dan Permasalahannya. Jakarta : Sagung Seto

Sofyan, 2011. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Klinis Edisi Ke-3. Jakarta : Sagung Seto




Statistik Pengunjung